Apa itu Desain Grafis?

Desain grafis berasal dari dua suku kata berbeda yaitu desain dan grafis. Desain artinya proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi desain grafis adalah kombinasi antara, kata-kata, angka, gambar, foto, dan ilustrasi yang dirancang oleh secara kreatif oleh seseorang agar menghasilkan suatu produk yang berguna dalam bidang gambar.

Desain Grafis sendiri merupakan cabang ilmu dari seni desain yang didukung oleh perkembangan komputer dalam membuat sebuah objek. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.

Seni desain grafis menggabungkan kemampuan kognitif dan keterampilan visual dalam mengkombinasikan  tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Orang yang berkecimpung di dalam dunia desain grafis disebut sebagai Graphic Designer. Graphic Designer bertanggung jawab untuk membuat sebuah desain tampilan agar tampak menarik sehingga dapat digunakan sebagai promosi suatu produk kepada publik.

Seorang Graphic Designer harus memiliki keahlian dalam bidang teknologi, sains, seni, sosial dan budaya, filsafat dan etika. Bidang-bidang ini berfungsi untuk mengetahui cakupan hasil karya tertentu agar sesuai dengan target. Selain lima bidang tersebut seorang Graphic Designer juga harus memiliki  kemampuan olah nirmana, yang digunakan untuk membuat karya grafis yang menarik sekaligus memilki fungsi yang sesuai dengan permintaan klien. Kemampuan tak kalah penting yang harus dimiliki oleh Graphic Designer adalah menggunakan software desain grafis, sehingga mampu menerapkan kreasi grafis pada media elektronik agar dapat dibuat secara misal dan untuk kebutuhan klien lainnya.

Apa itu Desain Grafis?

Satu tanggapan pada “Apa itu Desain Grafis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas